
Siapa Bilang Quizizz Hanya untuk Kuis? - Memanfaatkan Quizizz sebagai Media Pembelajaran Inovatif
Gambar 1. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran merupakan suatu kondisi yang di dalamnya terjadi proses transfer informasi dengan tujuan untuk menyampaikan suatu hal agar bisa dipahami sehingga terbentuk informasi baru. Kegiatan pembelajaran menjadi aktivitas utama dalam sebuah lingkungan belajar. Ketercapaian hasil belajar sangat bergantung pada proses pembelajaran yang dijalankan. Kegiatan pembelajaran terdiri dari beberapa komponen yang saling berkaitan diantaranya, tujuan, materi ajar, metode, media, evaluasi, siswa dan guru. Masing-masing komponen tersebut harus memiliki kesinambungan yang teratur dan baik (Ulva, Miftahul Nabila, et al, 2021). Jika hanya salah satu atau beberapa komponen saja yang dapat berjalan tanpa melihat tingkat kepentingan komponen yang lain, maka kegiatan pembelajaran tidak dapat dikatakan berjalan dengan baik (Magdalena, Ina, et al, 2021).
Dalam kegiatan pembelajaran siswa merupakan objek utama dan bertindak nosebag penerima dari pembelajaran itu sendiri. Sedangkan guru adalah pelaku utama atau bisa disebut dengan pengajar yang berperan nosebag perencana, pengendali dan pemberi segala yang dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran (Kirom, Askhabul, 2017). Siswa nosebag bagian terpenting dalam pembelajaran harus memiliki ketertarikan terhadap proses pembelajaran. Implikasinya guru nosebag pelaku perencana, pemberi dan pengendali harus bisa menciptakan kondisi kegiatan pembelajaran yang dapat menarik siswa. Guru dituntut mampu menyediakan berbagai elemen yang menjadikan siswa paham dengan apa yang akan disampaikan sehingga dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Bukan perkara mudah bagi seorang guru dalam menyediakan kondisi pembelajaran yang dapat diterima dengan baik oleh siswa.
Apalagi di zaman yang semakin maju, jika guru tidak mampu beradaptasi dengan kondisi yang ada bisa saja terjadi kondisi miskonsepsi karena siswa lebih peka dan paham dengan perkembangan yang ada. Dari penelitian dan pengamatan yang ada masih banyak guru yang menerapakan pembelajaran konvensioanal, dimana pembelajaran masih berfokus dan berpusat pada guru. Pembelajaran tradisional yang berfokus pada penyampaian pengetahuan satu arah dari guru dapat membatasi keaktifan siswa dalam proses pembelajaran (Kim, Yujin. 2022).
Dalam kegiatan observasi, dan wawancara dari beberapa orang guru di lingkungan SMK Negeri 1 Punggelan menyatakan bahwa rata-rata guru melaksanakan kegiatan pembelajaran masih berfokus sebatas pada ketersampaian materi saja belum berfokus pada ketercapaian hasil atau tujuan dari pembelajaran yang sesungguhnya.
Dalam kegiatan pembelajaran, peran media sangat penting nosebag penghubung proses penyampaian segala sesuatu dari guru kepada siswa. Dan jika materi ajar adalah apa yang harus dipelajari oleh siswa, maka peran media adalah alat yang mampu membantu siswa dalam memahami materi tersebut. Peran media dalam kegiatan pembelajaran lebih terlihat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan adanya media pembelajaran hal-hal yang tadinya dirasa abstrak bagi siswa akan diubah menjadi sesuatu yang lebih kongkrit (Magdalena, Ina, et al, 2021). Selain itu media pembelajaran juga akan mempermudah cara komunikasi dan penyampaian dari guru.
Terkait dengan efektivitas penggunaan media dalam proses pembelajaran Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1992:79) menegaskan bahwa penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat membangkitkan minat dan motivasi belajar siswa, mengurangi atau menghindari terjadi adanya verbalisme, membangkitkan nalar yang teratur, sistematis, dan untuk menumbuhkan pengertian dan mengembangkan nilai-nilai pada diri siswa.
Di era perkembangan teknologi yang semakin maju, banyak bermunculan beragam jenis media yang dibuat dan dikemas menarik agar siswa lebih termotivasi dan lebih berminat dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu bentuk media pembelajaran yang sekarang banyak digunakan karena memiliki sifat interaktif yang mengutamakan kerja sama dan menciptakan antusiasme yang tinggi kepada siswa adalah permainan (Ulhusna, Mishbah , et al, 2021). Permainan (games) sendiri merupakan segala konteks yang menimbulkan interaksi satu dengan yang lain antara pemain dengan cara mengikuti aturanaturan yang ada serta telah ditentukan dalam mencapai sebuah tujuan (Sadiman, et al, 2010). Setidaknya pengaplikasian permainan dalam kegiatan pembelajaran akan menumbuhkan ketertarikan, minat serta memberikan suasana yang menyenangkan bagi siswa. Sehingga siswa tidak akan merasa terbebani terhadap materi yang diajarkan.
Dengan semakin pesatnya perkembangan dan ketergantungan pada teknologi, menjadikan guru dimudahkan dalam penentuan media pembelajaran yang digunakan. Hal yang terpenting adalah kemauan guru itu senidiri untuk bisa mempelajari berbagai macam media pembelajaran yang tersedia. Banyak sekali platform yang menyediakan fasilitas untuk membuat sebuah media pembelajaran yang menarik. Quizizz merupakan salah dari berbagai platform yang menyediakan layanan permainan berupa kuis yang dikemas secara interaktif dan menarik. Quizizz adalah media digital berbentuk game latihan soal maupun presentasi online yang membantu pendidik/pengajar untuk mendistribusikan materi ajar agar lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Bahkan bisa menambah minat dan semangat belajar peserta didik akan materi tertentu ketika memanfaatkan media pembelajaran digital ini (Ulhusna, Mishbah , et al, 2021). Quizizz mempunyai banyak layanan yang akan mendukung proses pembelajaran menjadi jauh lebih interaktif diantaranya: pilihan ganda, essay, susun ulang, menjodohkan, rekam suara, rekam video, seret dan lepas, dropdown, upload gambar, dan lain sebagainya. Akan panjang jika dibahas satu persatu untuk setiap layanan yang diberikan.
Gambar 2. Asyiknya pembelajaran dengan Quizizz
Jika merujuk pada fungsi utama Quizizz dan layanan yang ada maka, manfaat utama dari quizizz adalah untuk membuat sebuah kuis/permainan/evaluasi pembelajaran menjadi lebih menarik. Akan tetapi, quizizz juga dapat kita aplikasikan nosebag media pembejaran, tentunya dengan layanan yang disediakan. Media pembelajaran yang dimaksud disini lebih mengarah kepada bentuk pembuatan slide presentasi yang dapat kita selipkan layanan-layanan menarik seperti: rekam audio, susun ulang, pilihan ganda, seret dan lepas, dan lain-lain. Sehingga tidak hanya membuat sebuah media pembelajaran yang menarik, implementasi quizizz jugad dapat dijadikan sebagai fasilitator penyampaian materi kepada siswa menjadi lebih aktif. Aktifikasi pembelajaran akan berubah yang sebelumnya berpusat pada guru, disini siswa juga mau tidak mau akan terlibat. Hal ini dapat kita pastikan, karena dalam media berbasis quizizz ini ada poin atau skor yang akan diperoleh jika seorang siswa mampu aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Gambar 3. Pengaplikasian Media Pembelajaran berbasis Quizizz
Penerapan media pembelajaran berbasis quizizz dapat kita aplikasikan pada beberapa slide materi yang guru ajarkan akan diselingi dengan pertanyaan-perntanyaan menarik yang akan menguji seberapa paham siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Sehingga yang sebelumnya quizizz hanya kita ketahui nosebag penyedia layanan soal-soal/kuis bisa kita manfaatkan menjadi sebuah media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
Komentar
Sangat bermanfaat bagi pembelajaran
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SMKN 1 Punggelan Mengadakan Workshop Literasi: Sekolah Berbasis Industri 4.0 2024
Pada tanggal 26 September 2024, SMK Negeri 1 Punggelan mengadakan workshop literasi dalam rangka mendukung penerapan SMK berbasis industri 4.0. Acara ini dihadiri oleh para guru dan sis
Workshop Implementasi dan Reviu Kegiatan Pembelajaran TEFA SMK 4.0
Pada hari Senin, 09 September 2024, SMK Negeri 1 Punggelan mengadakan Workshop Implementasi dan Riviu Pembelajaran Teaching Factory (TEFA) sebagai langkah dalam penerapan SMK berbasis i
Manga, Masuk Dalam Diferensiasi Produk
Kamis, 22 Desember 2022 bertempat di SMPN 1 Banjarnegara digelar ''Panen Karya'' yang merupakan acara puncak dari Pendidikan Guru Penggerak Angkatan V Kabupaten Banjarnegara. Acara yang
Antara Akademik dan Attitude
Berbicara hasil belajar atau rapor, selalu identik dengan nilai akademik. Meskipun di dalam rapor sebenarnya tidak hanya ada nilai akademik saja. Ada nilai sikap atau karakter juga yang
Pentingnya Kedisiplinan
Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang terkait pada tata aturan formal, berprgram dan bertarget atau bersasaran yang jelas. Sekolah juga menjadi salah satu lembaga pendidi
Peringati HUT RI ke-77, Cooking Day Berlangsung Meriah
Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77, Tim Manajemen SMK Negeri 1 Punggelan menggelar Lomba masak “Cooking day” di halaman Sekolah. dengan
PIK R (Pusat Informasi Konseling Remaja)
PIK R (Pusat Informasi Konseling Remaja) merupakan suatu wadah organisasi dimana anggotanya merupakan dari remaja-remaja itu sendiri yang bertugas untuk memberikan informasi seputar per
EKSKUL SMK Negeri 1 Punggelan 2022/2023
Ekstrakurikuler atau lebih dikenal dengan istilah ekskul merupakan suatu wadah untuk mengembangkan minat, bakat, potensi yang dimiliki siswa-siswi SMKN 1 Punggelan. Ekskul di tahun ajar
Siswa Aktif Mengikuti Kegiatan Organisasi, Bagaimana dengan Belajarnya?
Sekolah merupakan lembaga paling dasar dari dunia pendidikan. Sekolah menjadi wadah yang memiliki payung hukum yang sah bagi anak-anak dalam melaksanakan proses pendidikan. Belajar adal
Dua Guru SMKN 1 Punggelan Lolos Mengikuti Program Guru Penggerak
Program Guru Penggerak merupakan upaya Mas Menteri Nadiem Anwar Makariem untuk mentransformasikan Pendidikan di Indonesia, dengan menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid dan m
Sangat membantu, seperti saya sudah mengikuti diklat on line blm faham juga. Ketika ada tulisan seperti ini saya lebih faham dari srbelumnya. Dapat untuk referensi banyak orang seperti saya kususnya. Terima kasih. Salam sukses berkembang terus.